Indonesia Tuan Rumah Penyelenggaraan Global Platform for DRR 2022

JAKARTA – Apa itu Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR)? GPDRR ini merupakan forum multi-pemangku kepentingan yang dilaksanakan setiap tiga tahun oleh Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB. Pada tahun ini, tepatnya pada 23 hingga 28 Mei 2022, Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan GPDRR tersebut.

Suatu kesempatan yang sangat berharga bagi Pemerintah Indonesia yang ditunjuk sebagai tuan rumah GPDRR nanti. Ini menjadi wujud keseriusan Indonesia dalam menciptakan dunia yang lebih baik melalui pengarusutamaan pengurangan risiko bencana (PRB), khususnya dalam konteks perubahan iklim atau pun penanganan pandemi Covid-19. Di sisi lain, penyelenggaraan di Tanah Air menunjukkan kepemimpinan Indonesia di tataran global dalam pengurangan risiko bencana. Nilai tersebut merupakan semangat pengarusutamaan PRB yang diusung oleh pemerintah maupun lembaga-lembaga non pemerintah. 

Sementara itu, GP 2022 bertujuan  untuk meningkatkan upaya PRB melalui komunikasi  dan koordinasi antara para pemangku kepentingan seperti, pemerintah, PBB, organisasi dan institusi internasional, lembaga swadaya masyarakat, ilmuan atau akademisi dan pelaku sektor swasta untuk berbagi pengalaman dalam merumuskan panduan strategis untuk pelaksanaan kerangka global PRB atau Sendai Framework for DRR 2015-2030.

GP 2022 nanti dapat memberikan kesempatan unik dan tepat waktu untuk menunjukkan pentingnya solidaritas dan kerja sama internasional, serta membahas cara- cara untuk mengatasi pemicu risiko yang mendasari baik secara lokal maupun global. 

Selain itu, berbagai pihak akan mengeksplorasi penguatan tata kelola risiko bencana dan pembangunan sistem yang lebih kuat untuk mengelola semua jenis risiko. GP2022 menawarkan kesempatan kepada pemerintah, sistem PBB dan semua pemangku kepentingan untuk berkomitmen kembali dengan urgensi untuk mempercepat kemajuan PRB menuju pencapaian pembangunan berkelanjutan. 

Penyelenggaraan dengan fokus PRB ini merupakan GP 2022 ke-7 yang akan berlangsung di Nusa Dua, Provinsi Bali, pada 23 hingga 28 Mei 2022. Mempersiapkan kegiatan tingkat dunia ini, Presiden Joko Widodo telah membentuk panitia nasional dengan Keputusan Presiden Nomo 20 Tahun 2021. Langkah tersebut untuk memastikan kegiatan ini dapat terselenggara secara inklusi, aman serta mengedepankan penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. BNPB bersama berbagai pihak juga telah melakukan kesiapsiagaan bencana, seperti penyelenggaraan tabletop exercise dengan pelibatan pemerintah daerah setempat. 

GP 2022 mengangkat tema utama yaitu From Risk to Resilience: Towards Sustainable Development for All in a COVID-19 Transformed World atau Dari Risiko ke Ketahanan: Menuju Pembangunan Berkelanjutan untuk Semua di Dunia yang Berubah oleh COVID-19. Sementara itu, dalam event ini akan mengelaborasi beberapa tema, meliputi Disaster Risk Governance, Covid-19 Recovery, DRR Financing, tak lupa isu lain seperti Sendai Framework Stocktaking, Leave No One Behind, SDGS and Climate Action.

Pertemuan GP 2022 diharapkan dapat memberikan pembelajaran dan praktik baik pengurangan risiko bencana dari negara lain dalam rangkaian kegiatan side event, innovation platform, ignite stage, learning labs, field visit, dan Sasakawa award. 

Informasi penyelenggaraan GP 2022 dan penyelenggaraan side event dapat diakses melalui https://globalplatform.undrr.org/