Patroli Pengawasan Pemanfaatan Kawasan Konservasi Perairan Nusa Penida Bulan Agustus 2021

Patroli pengawasan rutin di Kawasan Konservasi Perairan Nusa Penida dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2021 dengan waktu keberangkatan pukul 08.30 WITA. Kegiatan patroli di awali dengan doa bersama yang dipimpin oleh Anak Agung Ayu Raka Mirah selaku Kepala Seksi Pengawasan dan Pemberdayaan Masyarakat pada UPTD Kawasan Konservasi Perairan Bali dan I Dewa Made Sudiana selaku Koordinator KKP Nusa Penida. Kegiatan ini dilaksanakan oleh UPTD. Kawasan Konservasi Perairan Bali berkolaborasi dengan Coral Triangle Center (CTC).

Gambar 1. Tim Patroli KKP Nusa Penida Bulan Agustus 2021 (Dok: UPTD. KKP Bali)

Rute pengawasan dimulai dari Rute pengawasan dimulai dari titik nol yaitu pelabuhan Sampalan kemudian menuju ke arah Timur. Pengawasan dilanjutkan menuju timur Nusa Penida lalu menuju ke selatan – menuju ke barat dan terus ke utara – menuju ke Jungut Batu- ke Ceningan- balik ke Pelabuhan Sampalan.

Kegiatan pemanfaatan sumberdaya di Kawasan Konservasi Perairan Nusa Penida Bulan Agustus didominasi oleh kegiatan wisata bahari dengan jumlah kegiatan sebanyak 9 dengan jumlah armada 9 unit dan jumlah wisatawan sebanyak 31 orang, kemudian disusul dengan kegiatan perikanan sebanyak 6 kegiatan, dengan jumlah armada 6 unit dan jumlah nelayan sebanyak 10 orang. Pemanfaatan yang paling jarang ditemui adalah kegiatan niaga hanya sebanyak 1 kegiatan. Tidak ditemukan adanya pelanggaran pada patroli pengawasan Bulan Agustus. (dhy)

Gambar 2. Kegiatan Pemanfaatan Sumberdaya di KKP Nusa Penida Bulan Agustus 2021 (Dok: UPTD. KKP Bali)

Skip to content