Kontes Ikan Cupang Bali Tjakra Rwa Bhineda Bali Betta Competition

Ikan Cupang dengan nama latin Betta spp. merupakan ikan hias yang sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Wabah pandemi covid-19 yang melanda Indonesia menyebabkan masyarakat harus melakukan kegiatan hanya di dalam rumah saja. Hal inilah yang menjadikan trend memelihara Ikan Cupang semakin meningkat karena tidak memerlukan wadah yang besar dan dapat dilakukam di dalam rumah. Warna tubuh yang sangat beragam dari gelap, terang dan corak-corak menarik memberikan nilai tambah pada jenis Ikan ini (Wahyudewantoro, 2017). Tidak hanya coraknya, ketangkasan dan kemampuan dalam merespon rangsangan juga membuat pada hobiis tidak bosan untuk mengoleksi Ikan Cupang hingga membuat komunitas di daerahnya (Wahyudewantoro, 2017).

Komunitas pencinta Ikan Cupang telah beberapa kali membuat kontes untuk meningkatkan minat terhadap Ikan Cupang. Salah satunya adalah kontes Bali Betta Competition pada tanggal 23-24 Juli 2022. Kontes dengan tema Bali Tjakra Rwa Bhineda ini berlokasi di Big Garden Corner, Sanur, Denpasar, Bali. Kontes ini merupakan kontes nasional yang diikuti oleh ribuan ekor Ikan Cupang dari Komunitas Pecinta Ikan Cupang di Seluruh Indonesia. Ikan Cupang dikonteskan dalam dua kelas yaitu kelas umum dan kelas pemuda dengan kategori-kategori didalamnya. Adapun kategori tersebut, yaitu :

A. Kelas Umum

  1. Kategori Crowntail (Dasar, Mascot, Orchid/Hitam),
  2. Halfmoon (Combinasi, Dasar, Marble/Fancy/Koi),
  3. Plakat (Combinasi, Dasar, Dragon, Marble/Fancy, Koi),
  4. Giant (Dasar 5 cm UP, Kombi 5 cm UP, Marble fancy 5 cm UP, Koi 5 cm UP)
  5. Bebas (Crowntail Bebas, Halfmoon Besgel, Halfmoon Bester, Plakat Besgel, Plakat Bester, Giant Suju Bester, Giant Suju Begel, Giant Junior Bester, Giant Junior Besgel, Giant Senio Bebas, Baby Plakat Bester, Baby Plakat Besgel)
  6. Baby (Crowntail Bebas, Crowntail Maskot, Halfmoon Besgel, Halfmoon Bester, Halfmoon Dasar, Plakat Dasar, Plakat Dragone, Plakat Marble/Fancy, Plakat Koi)
  7. Female Open Class
  8. New Variation (Black Series, Bluefirm, Facy Modern Red Orange Yellow, Multicolour)

B. Kelas Pemula

  1. Growntail (Bebas, Mascot, Orchid/Hitam)
  2. Halfmoon (Besgel, Bester, Dasar)
  3. Plakat (Besgel, Bester, Combinasi, Dragon, Marble/Fancy, Koi)
  4. Giant (Bebas, Marble/Fancy/Koi)
  5. Baby (Crowntail Bebas, Halfmoon Besgel, Halfmoon Bester, Plakat Besgel, Plakat Bester, Plakat Marble/Fancy/Koi)
  6. New Variation (Black Series, Bluerim, Fancy Modern Red Orange, Yellow, Multicolours)
  7. Female Open Class

Penilaian diberikan berdasarkan dari warna tubuh ataupun corak maupun ketangkasan dalam merespon rangsangan.

Gambar 1. Beberapa Ikan Cupang yang Memenangkan Juara

Pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali dalam hal ini mewakili Gubernur Bali Wayan Koster, sangat mendukung acara kontes Ikan Cupang. Kegiatan ini tentunya dapat membantu mengentaskan kemiskinan dan mengurangi pengangguran mengingat usaha ikan hias cupang merupakan salah satu potensi ekonomi masyarakat yang memiliki prospek yang cerah yang dapat meningkatkan geliat ekonomi di masyarakat. Sebagaimana dengan Visi, Misi, dan Program Pembangunan Bali tahun 2018-2023,  Pemerintah Provinsi Bali dengan Visi : “Nangun Sat Kerthi Loka Bali Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru” dalam rangka mewujudkan kemandirian pangan, meningkatkan nilai tambah dan daya saing pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani,.

Harapannya melalui kegiatan kontes ini akan terjalin komunikasi dan kerjasama yang lebih baik dengan semua pihak yang terlibat di dalamnya, masyarakat Bali dapat lebih mengenal ikan hias khususnya ikan hias cupang, dan menjadi sarana promosi yang baik untuk mengembangkan jaringan pasar pelaku usaha ikan hias cupang.

Gambar 2. Dukungan Pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Kelautan dan Perikanan dalam Acara Bali Betta Competition