POKMASWAS PROVINSI BALI RAIH 4 TERBAIK NASIONAL

Pada hari Senin, 17 Februari 2020, pada acara RAKERNIS Dirjen PSDKP KKP bertempat di Manado, Sulawesi Utara, salah satu wakil dari Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, POKMASWAS TIRTA SEGARA menerima penghargaan sebagai POKMASWAS 4 terbaik Tingkat Nasional tahun 2019. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Bpk. Edy Prabowo kepada Ketua Kelompok, Bpk. I Ketut Mangku Latra. 

Gambar 1. Menteri Kelautan dan Perikanan RI bersama para POKMASWAS penerima penghargaan

POKMASWAS merupakan kelompok masyarakat nelayan yang secara aktif berpartisipasi dalam pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan (SDKP). Menteri Kelautan dan Perikanan RI, dalam arahannya lebih lanjut menjelaskan bahwa POKMASWAS memiliki peran penting sebagai pelopor pengawasan SDKP untuk mendukung kegiatan pengawasan SDKP yang terintegrasi dan berkelanjutan. Dengan kata lain, POKMASWAS merupakan ujung tombak pengawasan yang efektif secara bottom-up. Penghargaan ini merupakan salah bentuk apresiasi kepada masyarakat yang berkontribusi besar dalam menjaga dan melindungi kelestarian Sumber Daya Ikan dan lingkungannya.

Gambar 2. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali (kiri), Bp. I Made Sudarsana, turut hadir dalam malam penyerahan penghargaan

Skip to content