PELUNCURAN ADOPSI KARANG SEBAGAI SOLUSI LOKAL DALAM UPAYA PERLINDUNGAN EKOSISTEM TERUMBU KARANG DI KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN NUSA PENIDA

Kelompok Nuansa Pulau merupakan komunitas sadar lingkungan yang telah melakukan berbagai kegiatan konservasi di Desa Ped, Nusa Penida. Kelompok yang sebagian besar beranggotakan anak-anak muda yang peduli terhadap ekosistem terumbu karang telah memberikan kontribusi nyata bagi pelestarian terumbu karang di KKP Nusa Penida. Upaya tersebut tidak terlepas dari peran mitra UPTD KKP Bali yaitu Yayasan CTC yang sebelumnya telah melaksanakan  pelatihan rehabilitasi karang metode “reef star” pada tanggal 12 – 13 Oktober 2020. Kolaborasi Kelompok Nuansa Pulau dengan CTC untuk mendirikan program rehabilitasi untuk menyediakan fragmen karang yang selanjutnya bisa ditransplantasikan ke wilayah yang mengalami kerusakan.  

Gambar 1. Kelompok Nuansa Pulau (dok: UPTD. KKP Bali)

Pada acara Peluncuran Program Adopsi Karang  pada tanggal 2 Desember 2020 dihadiri oleh Bapak Bupati Klungkung (Bp. Nyoman Suwirta) berserta jajaran terkait, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali (Bp. Made Sudarsana), Direktur Eksekutif  Yayasan CTC (Ibu Rili  Djohani), Kepala UPTD KKP Bali, Nusa Dua Reef Foundation dan seluruh anggota Kelompok Nuansa Pulau.

Gambar 2. Peluncuran Program Adopsi Karang berupa struktur reef star (dok: UPTD. KKP Bali)

Perhatian Bapak Bupati terhadap upaya pelestarian terumbu karang di Nusa Penida sangat besar, karena bisa dimanfaatkan sebagai destinasi wisata bahari. Pada kesempatan ini juga Bapak Bupati memberikan sumbangan donasi kepada kelompok Nuansa Pulau untuk rehabilitasi karang.  Bapak Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali menekankan pentingnya menjaga kelestarian ekosistem terumbu karang sebagai upaya konservasi, namun masyarakat agar tidak meninggalkan usaha budidaya rumput laut yang terbukti pada saat masa pandemi covid-19 dimana pariwisata anjlok, usaha budidaya rumput laut memberikan kontribusi besar sebagai sumber pendapatan bagi masyarakat pesisir. Mengapresiasi peran CTC yang secara konsisten tetap melaksanaan kesepakatan bersama yang tertuang dalam Kesepakatan Bersama (MoU) tentang Pengelolaan Kawasan Konservasi, Jenis Ikan yang Dilindungi, dan Sumberdaya Ikan di Kawasan Konservasi Perairan Taman Wisata Perairan Nusa Penida.  Direktur CTC dalam kesempatan ini akan terus mendukung upaya kelompok masyarakat dalam upaya konservasi ekosistem pesisir dan mengembangkannya ke tempat lain melalui edukasi teknis rehabilitasi karang. Diharapkan kelompok Nuansa Pulau akan terus melaksanakan pemantauan karang dan melakukan pemeliharaan terumbu buatan secara teratur, termasuk menghilangkan alga pengganggu secara berkala dan memastikan keutuhan struktur reefstar terumbu karang. Selain itu kelompok ini diharapkan menjadi pioner dan dapat menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang mereka dapatkan kepada masyarakat sekitar KKP Nusa Penida. (sry)

Skip to content